Penyakit yang Dapat Timbul Akibat Obesitas

Penyakit yang Dapat Timbul Akibat Obesitas – Kegemukan atau obesitas selain tidak bagus untuk penampilan Anda, tetapi juga kegemukan atau obesitas beresiko mengundang datangnya berbagai penyakit berbahaya. Kegemukan atau obesitas yaitu suatu kondisi dimana lemak dalam tubuh tertimbun dalam jaringan bawah kulit (subkutan) di sekitar organ tubuh yang kemudian akan meluas ke dalam jaringan organ lainnya.

Penyakit yang Dapat Timbul Akibat Obesitas

Kondisi kegemukan atau obesitas dapat diakibatkan oleh pola hidup seseorang yang tidak atau kurang sehat. Oleh karena itu bagi Anda yang tidak ingin menderita kegemukan atau obesitas perbaiki pola hidup Anda dari yang tidak atau kurang sehat ke pola hidup yang sehat.

Berikut beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan atau muncul ketika Anda menderita kegemukan atau obesitas :

Penyakit Kanker

Orang yang menderita kegemukan atau obesitas akan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Untuk pria, kegemukan atau obesitas akan meningkatkan risiko terkena kanker adenokarsinoma esofagus, kanker kantung empedu, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dan kanker kolon. Sedangkan untuk yang wanita akan beresiko terkena kanker kanker ginjal, kanker kantung empedu, adenokarsinoma esofagus, dan kanker rahim.

Osteoporosis (Tulang Keropos)

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Selain itu Anda juga berisiko mengalami gangguan punggung akibat beban yang berlebih

Gangguan Pernapasan

Penderita kegemukan atau obesitas lebih cenderung untuk sulit bernafas dan nafasnya sangat pendek. Hal ini disebabkan karenan tumpukan lemak pada daerah dada dan leher yang membuat penderitanya sangat kesulitan ketika akan mengambil atau mengeluarkan udara untuk bernapas.

Gangguan Tidur

Orang berbadan gemuk cenderung lebih berisiko mengalami gangguan tidur. Sleep apnea, yaitu suatu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur dan ini merupakan gangguan yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

Kegemukan atau obesitas juga dapat menyebabkan gangguan tidur lain yang berupa mendengkur. Hal ini disebabkan karena jaringan lemak yang berlebih pada tubuh sehingga membuat orang gemuk mudah mendengkur saat tidur.

Peradangan Sendi

Berat tubuh yang berlebih dapat menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan otot-otot kaki. Untuk kondisi tertentu, nyeri yang tidak kunjung sembuh bisa membuat postur tubuh menjadi rusak. Hal ini dikarenakan faktor kelebihan berat badan yang memberikan tekanan atau menjadi beban bagi lutut dan pergelangan kaki.

Penyakit Varises

Varises adalah penyakit yang terjadi ketika pembuluh vena menjadi melebar yang disebabkan karena dinding pembuluh darah yang melemah. Varises dapat ditandai dengan munculnya gumpalan darah berwarna ungu atau biru. Varises bisa saja diturunkan secara genetika, namun penyakit ini juga sering muncul dikarenakan kegemukan atau obesitas.

Darah Tinggi

Meningkatnya tekanan darah (hipertensi) merupakan masalah yang sangat serius bagi para penderita kegemukan atau obesitas. Hipertensi sering menjadi penyebab utama bagi penderita obesitas sehingga lebih beresiko untuk menderita penyakit jantung.

Depresi

Orang yang menderita kegemukan atau obesitas sering mengalami perasaan stress. Perasaan depresi ini ditimbulkan karena adanya rasa malu yang bercampur dengan perasaan rendah diri sehingga mendorong penderita kegemukan atau obesitas untuk menjadi lebih mudah depresi.

Datang bulan tidak teratur

Bagi para wanita, bahaya kegemukan atau obesitas lainnya yaitu datang bulan yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena hormon yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon sendiri lebih sering dipicu karena kondisi kegemukan. Lemak berlebih pada tubuh bisa mempengaruhi kinerja hormon sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal.

Penyakit berbahaya lainnya

Penyakit berbahaya lain yang ditimbulkan akibat kegemukan atau obesitas seperti  Asam Urat, Kolesterol, Liver, Asma, Gagal Ginjal, Mandul, Penyakit Kantung Empedu, bahkan dapat menyebabkan Kematian. Oleh karena itu bertindak cepat lebih baik dari pada Menyesal Kemudian Hari

Demikian info tentang Penyakit yang Dapat Timbul Akibat Obesitas semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply